Selasa, 20 September 2016

Rekomendasi makanan sehat untuk anak 1 tahun ini WAJIB anda berikan

02.38

Pada usia 1 tahun, seorang anak benar-benar membutuhkan perhatian yang lebih dari para orang tua yang peduli akan perkembangan kesehatan dan mental anak-anak mereka. Sebab pada masa-masa inilah anak-anak akan mengalami proses pertumbuhan yang sangat cepat sekali.

Proses pertumbuhan yang cepat tersebut juga berbanding lurus dengan rawannya anak-anak usia 1 tahun terserang berbagai macam penyakit. Baik penyakit dalam maupun penyakit luar.

makanan sehat untuk anak 1 tahun
makanan sehat untuk anak 1 tahun (sumber gambar:alodokter.com)


Sedangkan faktor tertinggi yang menyebabkan anak mudah terserang penyakit di usia tersebut tak lain adalah makanan.

Ya, makanan menjadi faktor yang paling banyak menyebabkan anak-anak kecil terutama di usia 1 tahun mudah terkena penyakit. Hal itu bisa disebabkan karena kurangnya seorang anak tersebut menerima asupan gizi yang cukup, vitamin yang kurang, atau bahkan jika anak-anak kita susah minum (susu) bisa juga menyebabkan anak gampang sekali terkena penyakit.

Bicara soal makanan untuk anak-anak, pastilah yang terpikirkan dalam benak pertama kali adalah makanan yang sehat. 

Anak yang menginjak usia 1 tahun menjadi acuan perkembangan fisik, mental serta kecerdasan dari anak itu. Jika pada usia tersebut seorang anak kurang menerima asupan gizi dan vitamin yang cukup, hampir semua anak tersebut akan mengalami lambatnya pertumbuhan (fisik dan mental).

Jika sudah begitu, maka sudah seharusnya kita sebagai orang tua yang peduli akan anak-anak kita memperhatikan dengan baik perkembangannya dan memenuhi kebutuhan yang sudah selayaknya mereka terima.

Oke, sekarang langsung saja ke inti pembahasan yaitu Makanan-makanan yang sehat untuk anak usia 1 tahun. Di usia 1 tahun, anak sudah waktunya untuk diberikan makanan tiga kali dalam sehari secara rutin. Mengapa? Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pada masa-masa ini anak kita mengalami pertumbuhan yang sangat cepat, oleh karena itu kita harus diimbangi dengan porsi makanan yang cukup agar pertumbuhannya jadi seimbang.

Ada baiknya kita memberikan makanan yang bervariasi pada anak ketika mereka berusia 1 tahun. Selain menghilangkan rasa bosan mereka terhadap makanan yang akan mereka santap, hal ini juga bermanfaat untuk memberikan berbagai macam vitamin dari berbagai macam makanan yang kita berikan.

Berikut ini adalah daftar makanan sehat untuk anak usia 1 tahun yang sudah direkomendasikan oleh para dokter ahli gizi di Indonesia:

Daging
Daging disini mencakup daging ayam dan juga daging merah seperti daging sapi, daging kambing. Untuk daging sapi kita bisa bebas memilih di bagian mana kita bisa mendapatkan daging yang benar-benar merah sebab seluruh bagian tubuh dari sapi memiliki daging yang berkualitas, sedangkan untuk daging kambing tidak semua bagian tubuh kambing memiliki daging merah yang berkualitas. 

Selain sapi dan kambing, seperti yang baru saja dijelaskan bahwa daging ayam juga masuk dalam rekomendasi para dokter ahli gizi. Akan tetapi kita juga perlu mengetahui bahwa tidak semua bagian dari daging ayam itu baik untuk anak-anak kita. Sebab, daging ayam memiliki lebih banyak lemak. Sedangkan lemak yang berlebihan akan berakibat fatal untuk anak usia 1 tahun.

Ubi-ubian
Makanan jenis ubi-ubian sudah dikenal banyak kalangan memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Dan vitamin A itulah yang akan sangat dibutuhkan untuk anak-anak kita di usia 1 tahun. Selain vitamin A, ubi-ubian juga banyak mengandung vitamin C dan juga kandungan fitokimia yang terkenal ampuh meningkatkan kekebalan tubuh anak usia dini terutama usia 1 tahun.

JIka kekebalan tubuh seorang anak bagus, maka sudah bisa dipastikan bahwa anak tersebut akan jarang sekali terserang penyakit.

Nasi Merah
Untuk yang satu ini semua orang sudah tahu bahwa nasi merah memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan tubuh, tidak hanya untuk anak-anak usia dini semata akan tetapi juga baik untuk dikonsumsi orang dewasa.

Mengapa? Jawabannya sederhana, nasi merah mengandung banyak vitamin B, protein dan mineral. Ketiga kandungan tersebut mampu meningkatkan energi pada tubuh seseorang terutama pada si anak yang masih berusia dini.

Ikan
Di dalam ikan mengandung zat-zat yang memiliki kadar lemak yang rendah. Selain itu, ikan jenis apapun itu entah ikan air tawar ataupun ikan air laut banyak sekali mengandung selenium, magnesium dan juga kalsium. Ketiga kandungan tersebut sangat membantu menguatkan tulang-tulang pada tubuh anak usia dini yang kebetulan juga dalam proses pertumbuhan yang cepat. Jadi, pertumbuhan tulang yang cepat serta kuat maka hasilnya akan membuat tubuh anak di masa mendatang akan menjadi sehat dan kuat.

Wortel
Sama halnya dengan ubi-ubian tadi, wortel juga terkenal dengan kandungan vitamin A nya yang banyak. Selain itu, di dalam wortel mengandung salah satu zat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah datangnya penyakit jantung dan kanker sejak dini. Dan agar ketika mereka sudah dewasa mereka juga kecil kemungkinan akan terserang dua penyakit mematikan itu.

Buah-buahan terutama jeruk
Siapa sih yang tidak tahu manfaat buah-buahan? Sudah bergizi, segar, dan enak pula. Lantas mengapa jeruk adalah buah yang perlu dikonsumsi oleh anak-anak usia dini? Perlu kita ketahui bahwasannya anak-anak usia dini sangat membutuhkan banyak vitamin C, dan jeruk adalah ahlinya soal vitamin C.

Sayur-sayuran
Mendengar kata sayuran, sepertinya tidak hanya anak usia dini saja yang membutuhkannya. Orang dewasa sekalipun juga sangat membutuhkan makanan yang satu ini. Akan tetapi tidak semua sayuran cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak usia dini, ada baiknya kita memilihkan jenis sayuran yang berwarna terang. 

Banyak sekali jenis-jenis sayuran yang memiliki warna terang seperti kubis, brokoli, sawi dan sejenisnya. Umumnya, sayuran dengan warna terang memiliki banyak kandungan fitokimia, terus fungsinya? Sudah dijelaskan pada ubi-ubian tadi.

Susu
Inilah menu utamanya dan bisa jadi yang paling utama untuk anak-anak usia dini. Semua sudah tahu manfaat dan fungsi susu bagi kesehatan tubuh anak-anak maupun orang dewasa. Hanya saja jenis susunya berbeda, ada susu yang memang dikhususkan untuk anak-anak dan juga ada susu yang khusus untuk orang dewasa.

Itulah beberapa makanan inti yang perlu sekali kita berikan kepada anak-anak kita di usia dini terutama usia 1 tahun. 

Satu lagi yang sepertinya perlu sekali dijadikan pengetahuan dasar bagi para orang tua, bahwa ketika anak-anak kita menginjak usia 1 tahun hingga 3 tahun biasanya mereka mulai susah untuk menerima makanan. Mereka biasanya sudah bisa memilih mana makanan yang mereka sukai dan yang mereka benci, parahnya makanan-makanan yang mereka benci justru sangat dibutuhkan oleh tubuh mereka.

Maka dari itu, sebagai orang tua kita dituntut untuk lebih kreatif lagi bagaimana memanipulasi makanan-makanan bergizi menjadi makanan kesukaan mereka. Ada para orang tua yang mempunyai cara lain dengan merubah bentuk menjadi bentuk bintang, wajah bonekam dan lain sebagainya.

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.